1. Inovasi Layanan GARUGIWA : (GerAi uRUsan pelanGgan Insan Wajib Adminduk), inovasi ini dilakukan dengan cara membangun layanan satu meja yang mana kepengurusan Adminduk mulai dari pengajuan berkas persyaratan, verifikasi, falidasi dan pengambilan dokumen Adminduk dilakukan dalam satu meja,. Inovasi ini terbukti lebih efektif, tepat dan lebih cepat, masyarakat memperoleh kepastian waktu dalam pengurusan Adminduk dan terhindar dari pungutan dan calo. Nama GARUGIWA di ambil dari nama burung yang hanya ada di Danau Kelimutu yang memiliki beragam suara yang merdu.
  2. Inovasi Penambahan Waktu Kerja di hari Sabtu dari jam 08.00 s/d 12.00, Dari sebelumnya pelayanan lima hari dari Senin-Jumat maka akan ditambah dihari sabtu inovasi ini dilakukan dengan Tujuan, agar masyarakat yang tidak sempat mengurus administrasi kependudukan pada saat pagi hari atau pada saat sedang kerja dari Senin-Jumat maka bisa diurus pada Sabtu. Inovasi ini terbukti efektif dengan banyaknya masyarakat yang menyempatkan diri mengurus dokumen Adminduk. Disdukcapil juga melakukan pelayanan di masa cuti bersama;
  3. Inovasi “KEPO” Keliling jEmPut bOla, inovasi ini dilakukan dengan mendekatkan pelayanan Adminduk ke desa-desa,. Dengan cara kepdes melakukan pendataan penduduk yang belum memiliki Adminduk seperti KK, KTP-El, Akta kelahiran, akta Kematian dan lain2 secara kolektif kepdes mangajukan permohonan untuk melakukan pelayanan langsung ke desa, tim akan turun ke desa untuk melakukan perekaman dan pengurusan Adminduk. Inovasi ini banyak mendapat apresiasi dari masyarakat. Sampai saat ini sudah beberapa desa yang terlayani.

5. Inovasi dalam rangka percepatan kepemilikan KIA, dengan cara melakukan komunikasi dan koloborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Ende untuk melakukan sosialisasi terkait dengan KIA,  tujuan dan manfaat harapannya apabila pandemi Covid sudah mereda dan aktifitas sekolah mulai normal maka akan dilakukan jemput bola terhadap kepemilikan Kartu Identitas Anak di sekolah-sekolah.

6. Inovasi SAPADIA  : (SehAri PAsti JaDI Akta), inovasi ini bisa ada setelah diberlakukan inovasi pelayanan GARUGIWA yakni pelayanan dilakukan Satu meja maka terbukti hasil dari layanan satu meja, sekarang untuk mengurus Akta sperti (akta kelahiran, kematian, perkawinan, dan lain2) dapat dilakukan satu hari jadi, masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk mengurus dan memiliki akta.

7. Inovasi Pemanfaatan Data Kependudukan

Dalam rangka memperluas pemanfaatan data kependudukan untuk semua sektor dan di segala bidang, Pemerintah Kabupaten Ende melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ende bekerjasama dengan OPD dalam bentuk Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data dimana OPD akan diberi hak akses pemanfaatan data kependudukan. Hak akses digunakan oleh OPD di antaranya untuk mempermudah pelayanan publik dan dalam rangka perencanaan pembangunan. Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, data kependudukan yang bersumber dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) akan dimanfaatkan untuk pelayanan publik, perencanaan pembangunan, pengalokasian anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum dan pencegahan kriminal. Sampai saat ini sudah ada 8 OPD yang melakukan permohonan pemanfaatan data ke pada Disdukcapil diantaranya : 1 .Bappeda Kab. Ende, 2. Bapenda  Kab. Ende, 3. Daerah Dinas Kesehatan, 4. Dinas Transmigrasi dan Kependudukan, 5. Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, 6. Dinas Penanaman Moda dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, 7. Dinas Kominfo, 8. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berenca Kab. Ende.

8. Guna memudahkan masyarakat mengakses dan memperoleh informasi terkait dengan Adminduk seperti persyaratan, standar pelayanan, konsultasi, pengaduam, dan lain2 maka isdukcapil Membangun Website dengan alamat http://disdukcapil.endekab.go.id dan Layanan Pengaduan Masyarakat berbasis web, sms dan whasstup termasuk layanan indeks kepuasan masyarakat yang menggunakan layanan yang disediakan oleh disdukcapil

9. Menyediakan Mobil Layanan Keliling Jemput Bola MORO’SI KEPO Mobil OpeRasiOnal SIap Keliling jEmPut bOla

 
   

 

INOVASI YANG AKAN DILAKUKAN DI TAHUN 2021

  1. Pembentukan Petugas Registrasi Desa untuk mendata, memferivikasi dan mengfalidasi administrasi kependudukan terkait dengan kelahiran dan kematian
  2. Kerjasama dengan Rumah Sakit dan Dinkes (Puskesmas) /DinasPemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) / Kelurahan dalam rangka pelaporan pristiwa kelahiran bayi dan peristiwa kematian.

-           Akan di buat Standart Pelayanan, SOP dan Aplikasi TIK untuk pelaporan

-           Untuk Kelahiran akan menghasilkan LAPAK THEREE IN ONE LAhir daPat AKta   (Akta Kelahiran, NIK, Kartu Keluarga, KIA)

-            Untuk Kematian akan menghasilkan MANDA THEREE IN ONE MAti Nanti Dapat Akta (Akta kematian, KK, KTP)

-            MIKIR AMAN (MenIngggal KIRim Akta keMAtiaN) masyarakat akan memperoleh Three In One (Akta Kematian, Kartu Keluarga, KTP dengan status Janda/Duda)

3. Program Stelsel Aktif yang dilakukan meliputi pelayanan keliling, pelayanan insindentil melalui even-even tertentu, sosialisasi dan penyuluhan

4.  Menyediakan Mobil Layanan Keliling Jemput Bola MORO’SI KEPO Mobil OpeRasiOnal SIap Keliling jEmPut bOla 

5.  Layanan PERSAMI ( Pelayanan/Perekaman Sabtu Minggu)

6.  Mengupayakan untuk Percepatan Kepemilikan Akta Kelahiran dan Kartu KIA bagi Anak2 Umur 0 – 5 Thn dan 5 – 17 Thn  dengan cara membangun kerjasama dengan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat (STPM) Santa Ursula Ende yang tertuang dalam MOU  tentang Fasilitasi Pemenuhan Hak Sipil Anak melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik

7.  Sebagai bentuk kepedulian Dukcapil terhadap ibu dan anak maka di tahun 2021 akan dibangun fasilitas ruang ibu menyusui atau laktasi untuk balita.

8.   Inovasi Super Prioritas Disabilitas dimana Menjadikan urusan adminduk untuk kaum Disabilitas menjadi Super Prioritas

9.  Kerjasama dengan Organisasi Perkumpulan Peduli Kasih Ende yang tertuang dalam Perjanjian Kerjasama tentang : Pengurusan Kartu Keluarga/KK, Akta Kelahiran Anak dan kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak yang berhadapan dengan Hukum (ABH), Anak yang memerlukan perlindungan khusus (AMPK), Anak Terlantar, dan Anak tidak mampu dampingan lembaga perkumpulan kasih Ende

10. Layanan Online Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KIA pada Website Disdukcapil kab. Ende yakni http://disdukcapil.endekab.go.id

Pin It

Telephone Penting

Ruang Kerja Bupati     Tlp.21001    
Sekretaris Daerah     21021
Asisten I     Tlp.21410
Asisten II     Tlp.22134
Asisten II     Tlp.22215
KPDT    Tlp.22890
BLHD    Tlp.22370 / 22103
INSPEKTORAT Tlp.21450
BADAN KESBANGPOLINMAS Tlp.21037
BPMD    Tlp.22247
BLHD    Tlp.22217
Dinas Perhubungan      Tlp.21010
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan    Tlp.21303
Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah    Tlp.21206/22547
Dinas Sosial Tlp.21007
PENGADILAN NEGERI     
Ruang Ketua Pengadilan    Tlp.21152
Panite/Sekretaris     Tlp.21593
Kepala Lapas Tlp.21189
POLRES ENDE     
Ruang Kapolres     Tlp.21501
DANDIM 1602 ENDE     
Ruang Komandan     21602
Piket Kodim 1602    21064
Sub Den Pom IXI-1    21062
Markas KI C743    21603